Friday , November 16 2018
Home / BERITA / Dandim 1402/Polmas Ingatkan Disintegrasi Bangsa

Dandim 1402/Polmas Ingatkan Disintegrasi Bangsa

Diskusi Warung Kopi Dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda

POLMAN- Sebagai generasi muda kita bisa mengambil nilai-nilai bagaimana perjuangan pemuda pada masa itu dan sampai dengan hari ini kita mewarisi karakter dari generasi muda atau pemuda masa perjuangan dari Sumpah Pemuda.

Hal tersebut dikatakan Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto dalam acara diskusi warung kopi Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober yang digelar Media Rakyat Sulsel Biro Sulbar dengan tema "Refleksi Sumpah Pemuda: Peluang dan Tantangan generasi muda dalam dinamika kehidupan berbangsa" yang dilaksanakan di warkop Raja, Kab Polman. Selasa (30/10/2018)

Lebih lanjut dikatakan Dandim bahwa Melihat tema pada hari ini "Refleksi Sumpah Pemuda: Tantangan dan peluang generasi muda dalam dinamika kehidupan berbangsa" Apa yang sudah kita lakukan.

"Dihadapkan dengan refleksi tentunya ada pertanyaan, Apa yang sudah kita pahami, apa yang sudah kita lakukan dari pembelajaran atau sejarah dari sumpah pemuda itu sendiri kemudian apa yang sudah kita lakukan dan selanjutnya tentunya sebagai generasi muda pada masa saat ini," Kata Letkol Dedi Setia

Selain itu Pada era global ancaman terhadap ketahanan bangsa semakin kompleks, Bentuk dan wujud ancaman tidak kentara tetapi dampak yang ditimbulkan lebih dahsyat, karena dapat langsung merusak sendi-sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam menghadapi ancaman yang demikian tentunya harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa ini terutama generasi muda.

Selain itu, pemuda tidak boleh mudah dipecah belah dan terpengaruh oleh berbagai informasi sesat (hoax) yang saat ini banyak beredar melalui media sosial. “Para pemuda harus menjadi filter dan bahkan menangkal hoax," Katanya.

Selanjutnya Dandim berharap bahwa di era informasi teknologi ini, Tentunya sebagai pemuda kita harus cermat dan harus dilakukan bersama-sama berkaitan dengan disintegrasi bangsa bagaimana menangkal ataupun membentuk suatu imunitas bangsa melalui kegiatan sharing dan diskusi seperti yang kita lakukan ini.

Oleh karena itu, Dandim berharap Indonesia dapat lebih memperkuat nilai-nilai luhur bangsa yang termuat dalam Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Dengan begitu, lanjut dia, isu disintegrasi bangsa dapat ditangkal dengan baik.

"Generasi muda tidak boleh berhenti berbuat, bangun integritas diri, semangat, bangun karakter dalam menghadapi tantangan, ,Lanjutkan berkarya demi bangsa dan negara," Tutupnya.

Diskusi warung kopi yang digelar oleh Media Rakyat Sulsel tersebut dipandu langsung oleh Andi Rannu Takinta, S.Si, M.Si,.kepala biro media Rakyat Sulsel wilayah Sulawesi Barat.

Sebagai pembicara, dihadirkan Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto, Kapolres Polman AKBP Muhammad Rivai, S.H., S.IK, Ketua komisi DPRD Kab Polman, Jamar Jasin B, S.Sos., M.H., M.Si, Wakil Ketua I Stain Majene Muliadi, as.Ag., M.Sos.I, Kepala BNN Kab Polman M Syabri Syam, S.Pd.,M.Si. Peserta terdiri dari Mahasiswa dan berbagai golongan masyarakat pengunjung warkop Raja.

Editor: Zaenal

About kodim1402

Komando Distrik Militer 1402/Polewali Mamasa- Korem 142/Taroada Tarogau-Kodam XIV/Hasanuddin

Check Also

Jelang Pilkades, Babinsa Ajak Warganya Jaga Suasana Yang Aman dan Kondusif

POLMAN- Sehari Sebelum palaksanaan pemungutan suara pemilihan Kepala Desa di 77 Desa di Kab. Polman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.